Ultraviolet Untuk Depot Air Minum Isi Ulang

3 September 2008


Ultraviolet ( UV ) digunakan untuk membunuh bakteri,virus dan kuman yang hidup dalam air. Berbagai jenis dan Type Ultraviolet beredar di pasaran, mulai kapasitas kecil hingga kapasitas yang paling besar. Selain untuk depot air minum isi ulang, ultraviolet juga banyak dipergunakan untuk Industi minuman dan Aquarium.

Merk UV yang biasa dipergunakan untuk depot air isi ulang antara lain :
- Tanwing
- Sterilight
- Top Win
- UVC
- Wonder

Merk Ultraviolet apakah yang paling awet ?. Pertanyaan ini sering diajukan pemilik Depot karena banyaknya Ballast ataupun lampu ultraviolet yang putus, padahal baru dipakai beberapa minggu bahkan hitungan hari !.  Idealnya lampu Ultraviolet akan putus jika  pemakaian di atas satu tahun. Mengapa kok cepat putus ? Apa sebenarnya yang terjadi ?

Sebenarnya harus dipahami bahwa Ultraviolet,baik lampu ataupun Ballast adalah jenis barang Elektronik yang sangat sensitif pada tegangan listrik. Jadi apabila tegangan listrik tidak stabil  maka lampu ultraviolet ataupun ballastnya akan mudah putus / terbakar.

Solusinya ?

Gunakan Stabilizer / Stavolt  500 VA atau 1000 VA khusus untuk Ultraviolet anda. Jika listrik padam, berhati hatilah jika menggunakan Genset, karena kasus terbesar lampu ultraviolet / ballast terbakar adalah akibat penggunaan Genset.
Soal merk Ultraviolet tidak berpengaruh signifikan terhadap daya tahan lampu tsb.
Jadi waspadailah ketidakstabilan tegangan Listrik.

Baca juga :
http://www.airminumisiulang.com/news/4/Tips-agar-ballast-dan-lampu-uv-awet




Baca juga
9 Juni 2016
Cara Mengatur Jadwal Buka Depot Saat Ramadhan
Jadwal berbeda dari hari biasa...

18 Mei 2016
Jual Galon Kosong Baru Untuk Depot Air Isi Ulang
Galon PC dan PET isi 19 Liter