Cara mencari sumber air untuk sumur bor dan sumur gali

18 Desember 2008

Air bersih adalah kebutuhan vital manusia. Beragam cara manusia untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari hari. Bagi yang memiliki dana dapat membeli dari air yang dijual keliling menggunakan mobil tangki. Ada pula yang karena alasan keterbatasan dana lebih memilih mandi dan mencuci di sumur umum.

Bagi anda yang ingin mengetahui tehnik / cara mencari sumber mata air untuk membuat sumur bor maupun sumur gali dapat mempraktekkan cara di bawah ini :

Ada 2 tehnik sederhana :

1. Menggunakan daun pisang
Ambillah beberapa lembar daun pisang dan taruhlah pada beberapa titik yang akan di bor / gali pada jam 10 malam. Pagi harinya silahkan lihat embun yang menempel pada daun pisang tsb (pada bagian bawah daun). Semakin banyak embun yang menempel semakin banyak debit air bawah tanah tsb. Namun jika daunnya tetap kering berarti tidak ada sumber air di bawah daun tsb.

2. Menggunakan garam
Pada jam 8 malam taruhlah 2 genggam garam dan tutup rapat dengan kaleng pada tempat yang akan digali / di bor. Pagi harinya silahkan lihat garam tsb, jika habis atau tinggal sedikit berarti pada titik tsb ada sumber airnya. Bila perlu taruhlah garam dan kaleng tsb pada beberapa titik sekaligus dan lihatlah pada titik mana yang garamnya paling sedikit.

Catatan : Cara mencari sumber air diatas adalah semata mata untuk mengetahui sumber air. Tentang hasil airnya apakah baik ataukah jelek tidak akan diketahui hingga proses pengeboran selesai.




Baca juga
16 Juli 2016
Keuntungan Buka Usaha Air isi Ulang Saat Belum Ada Pesaing
Apa saja keuntungannya...?

9 Juni 2016
Cara Mengatur Jadwal Buka Depot Saat Ramadhan
Jadwal berbeda dari hari biasa...

18 Mei 2016
Jual Galon Kosong Baru Untuk Depot Air Isi Ulang
Galon PC dan PET isi 19 Liter

Pembayaran

Customer Services

  •  081350047073
  •  081350636999
  •  081350047073

Tentang Kami

CV. ZAMZAM
Jl. Wonosari RT 24 N0. 15
Balikpapan (Kalimantan Timur)