Standar Peralatan Depot Air Minum Isi Ulang

3 April 2009


Anda ingin membuka usaha air minum tetapi modal terbatas ?. Awas jangan sampai terjebak dengan peralatan yang dibawah standar. Inilah standard minimum peralatan air isi ulang :

1. Memiliki penyaringan berupa Pasir silika dan karbon aktif.

Pasir silika berfungsi untuk menyaring partikel besar dan kecil, endapan dan lumpur dalam air. Sedangkan karbon aktif berfungsi untuk menyerap bau dalam air dan menjernihkan air.

Perhatikan poin pertama ini....

Beberapa kali saya menemukan depot air minum isi ulang tanpa menggunakan pasir silika dan karbon aktif ini. Penempatan pasir silika dan karbon aktif adalah dalam tabung filter PVC, Fiber ataupun Stainless. Ukuran tinggi tabungnya biasanya 125 cm ataupun 150 cm. Beberapa depot yang saya ceritakan tadi, pada rak alumunium tampak berdiri 2 buah tabung tsb, tetapi ternyata setelah saya cek ternyata isinya kosong melompong dan tidak ada silika maupun karbon aktif nya. Pemilik depot pun terkejut sebab tidak menyangka bahwa tabung filter yang berdiri gagah tsb ternyata tidak ada isinya alias kosong melompong....

Bagi anda yang akan membuka usaha depot air minum isi ulang, anda WAJIB menanyakan kepada Agen pemasang apakah tabung filternya ada isi pasir silika dan karbon aktif nya atau tidak ?. Dan bagi anda yang telah memiliki depot, silahkan periksa isi tabung filter anda.
Untuk diketahui, istilah lain tabung filter yang saya maksud adalah filter sentral / filter utama.

Lucunya lagi, dari beberapa depot tsb yang isi tabungnya kosong melompong, pada tabung filternya ditempel sticker yang bertuliskan OZON. He..he...he...

2. Memiliki penyaringan filter sedimen

Untuk depot air minum, jumlah minimal filter sedimen adalah 6 buah (lebih banyak lebih baik). Penempatan filter sedimen adalah didalam Housing filter.

Pada bagian ini ada kejadian yang lucu lagi. Ada dua buah depot yang jaraknya berdekatan (hanya 50 meter), depot pertama memajang 7 buah housing filter dan depot kedua memajang 25 housing filter. Awalnya saya kagum melihat banyaknya jumlah penyaringannya, namun belakangan baru ketahuan kalau ternyata dari 25 housing filter tsb yang berisi filter sedimen hanyalah 8 housing, sisanya kosong melompong. Saya tanyakan mengapa banyak yang kosong, jawabannya adalah karena pompanya tidak kuat mendorong filter yang sedemikian banyaknya sehingga air ke pengisian galon keluarnya sangat kecil karena hambatan dari filter tsb. Saya bertanya lagi : lho, kalau begitu kenapa kok housingnya dipasang banyak sekali ? Jawabannya adalah biar penampilannya OKE dan menang bersaing dengan depot di dekatnya.... He...he.. ada ada saja....

3. Memiliki Ultraviolet yang sesuai kapasitas
Mengenai yang ini telah saya bahas disini dan disini.

Pesan saya disini, jangan terjebak dengan harga peralatan yang berharga murah. Jika anda ingin menawar, silahkan menawar dengan sewajarnya dan jangan sekali kali membandingkan harga dengan Agen lain secara terbuka, agar tidak terjadi kekhawatiran seperti yang telah saya tulis disini.

Demikianlah standar peralatan depot air minum isi ulang yang sebaiknya anda ketahui.  





Baca juga
13 April 2017
Pemasangan Depot Air Isi Ulang RO Jalan Padat Karya Tanah Grogot
Kegiatan pemasangan depot air minum isi ulang Reverse Osmosis (RO). Lihat tampilannya...

7 April 2017
Pemasangan Depot Air Isi Ulang di Kab Katingan - Kalimantan Tengah
Kegiatan pemasangan depot air isi ulang ke kabupaten Katingan provinsi Kalimantan Tengah

18 Maret 2017
Pemasangan Depot Air Minum Isi Ulang di Nunukan - Kalimantan Utara
Portofolio pengiriman dan pemasangan depot air isi ulang di kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara

25 Januari 2017
Pemasangan Depot Air Isi Ulang di Batu Kajang Kec Batu Sopang
Pemasangan depot air minum isi ulang di batu kajang, kecamatan batu sopang, Kalimantan Timur

20 November 2016
Pemasangan Depot Air Minum Isi Ulang di Samboja Kutai Kartanegara
Portofolio projek pemasangan depot air minum isi ulang di samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur