Cara membersihkan galon yang berlumut

13 September 2010

Jika anda memiliki bisnis air minum, baik pabrik amdk maupun depot air isi ulang, pastilah sering mengalami pengembalian galon dari pelanggan dalam berbagai macam keadaan. Entah galon tsb bocor, pecah, kemasukan kotoran atau galon yang berlumut.

Galon yang berlumut dapat dialami jenis galon PC maupun galon PET baik pada penyaringan air minum mineral maupun penyaringan menggunakan mesin reverse osmosis.

Penyebab galon berlumut

- Galon (yang berisi air) tsb penempatannya terkena sinar matahari langsung ataupun tidak langsung. Coba anda perhatikan tulisan yang ada pada sticker galon merk merk ternama : Hindarkan dari sinar matahari langsung dan benda benda berbau tajam.

Pada kenyataanya bukan hanya terkena matahari langsung saja yang menyebabkan galon berlumut, pantulan sinar matahari tidak langsung juga dapat menyebabkan tumbuhnya lumut dalam galon. Yang dimaksud sinar matahari tidak langsung adalah pantulan sinar matahari dari lantai keramik, dinding rumah, atap transparan, dll yang bisa menyebabkan hawa ruangan menjadi panas.

Dari paparan saya di atas mungkin ada yang bertanya: apakah air minum RO juga bisa berlumut ? Jawabannya IYA walaupun RO dianggap memiliki penyaringan paling halus / kecil. Banyak sekali yang berkonsultasi kepada saya via telepon yang menanyakan mengapa air minum RO nya berlumut ? Padahal merasa telah menggunakan membran merk terbaik.

- Peralatan penyaringan jarang dibersihkan / diganti. Idealnya untuk filter cartridge masa penggantiannya adalah 3 - 4 bulan dan pembersihan tabung filter 2 hari sekali atau selambatnya 1 bulan sekali (disesuaikan dengan penjualan harian dan kondisi air baku).

Cara membersihkan galon berlumut

Cara membersihan bagian dalam galon yang berlumut yang praktis, mudah  dan paling dianjurkan adalah menggunakan mesin sikat galon yang sudah populer digunakan oleh pabrik amdk maupun depot air isi ulang.

Cara yang kedua adalah menggunakan 4 genggam pasir silika + 1 gelas air yang dimasukkan kedalam galon yang berlumut kemudian galon tsb dikocok kocok sampai bersih. Pasir silika yang telah dipergunakan tsb masih dapat disimpan untuk dipergunakan lagi selama tidak habis / terbuang.

Cara mencegah galon berlumut

Bagaimana cara mencegah galon agar tidak berlumut ? Saya akan memberitahukan kepada anda caranya berdasarkan pengalaman (gratis pula). Silahkan klik jasa konsultasi masalah air.

Semoga membantu...




Baca juga
9 September 2016
Pemasangan Depot Air Isi Ulang di Gang PLN Kota Balikpapan
Pemasangan depot air minum isi ulang di jalan MT Haryono, Gang PLN, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

28 Agustus 2016
Pemasangan Depot Air Isi Ulang di Muara Badak Kutai Kartanegara
Kegiatan pemasangan depot air minum isi ulang di desa Badak Baru, kecamatan Muara Badak, kapupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

20 Agustus 2016
Pemasangan Depot Air Minum Isi Ulang di Jalan Patriot Balikpapan
Kegiatan pemasangan air isi ulang di jalan patriot, gunung pipa kota balikpapan, kalimantan timur

18 Agustus 2016
Pemasangan Depot Air Minum Isi Ulang di Manggar Balikpapan
Pemasangan depot air minum isi ulang di manggar baru kota Balikpapan

Pembayaran

Customer Services

  •  081350047073
  •  081350636999
  •  081350047073

Tentang Kami

CV. ZAMZAM
Jl. Wonosari RT 24 N0. 15
Balikpapan - Kalimantan Timur
(Bisa dikirim se Indonesia)