cara-membersihkan-filter-cartridge


Cara membersihkan Filter Cartridge / Sedimen / Sediment

Membersihkan Filter Cartridge dengan cara disemprot, tambah bersih atau tambah kotor ?

Pelajari logikanya :



( Jika kurang jelas,taruh cursor pada gambar,klik kanan>view image)

Perhatikan gambar di atas,


Air masuk ke dalam filter cartrigde dari arah luar lalu masuk kedalam dan keluar lewat lubang tengah.
Kemudian perhatikan gambar di sebelah kanan yakni pembersihan filter cartridge dengan cara menyemprot....

Pembersihan filter cartridge dengan cara menyemprot JUSTRU menambah kotoran yang masuk ke dalam filter cartridge tsb !!!

Lalu,cara yang benar bagaimana ?? Perhatikan gambar di bawah...



Bersihkan filter cartridge dengan arah berlawanan dari arah masuknya air yakni dengan cara memukul secara berulang ulang dengan kekuatan sedang pada lantai keramik sampai bersih. Kotoran akan rontok dari filter cartridge tsb.Bersihkan inchi demi inchi (Perhatikan cara memegang cartridge tsb !).

Kesalahan umum yang sering terjadi: Karena tidak sabaran ingin cepat bersih, filter cartidge dipukul pukulkan dengan keras hingga cartridge lembek/ rusak. Bersihkan filter cartridge dengan Pola : Pukul 20 X pukulan - bilas dengan air bersih - pukul 20X pukulan - bilas dengan air bersih, dst sampai benar benar bersih. Kemudian filter cartridge tsb RENDAM dalam air mendidih selama 15 menit. Mengapa ?

Tahukah anda bahwa filter cartridge adalah tempat yang"nyaman"bagi perkembangan bakteri ? sehingga menyebabkan air minum menjadi tidak steril dan berbau?.Oleh karena itu setelah dicuci filter cartridge wajib direndam dengan air mendidih.

( Cara diatas tidak berlaku untuk pembersihan filter keramik,sebab jika dipukulkan akan pecah. Pembersihan filter keramik yaitu dengan menyikat menggunakan sikat berbulu halus).

Cara diatas sangat sering saya praktekkan jika diminta bantuan oleh pemilik Depo air minum isi ulang, dan yang membuat pemilik Depo tsb "takjub" dan "terpesona" adalah ketika melihat filter airnya mengeluarkan kotoran yang sangat banyak. Bagi yang belum pernah melakukan cara ini silahkah praktek dan anda akan sangat "takjub" melihat hasilnya.
Selamat mencoba....


Catatan :

Pada beberapa filter berkualitas rendah jika dibersihkan seperti metode di atas akan mengakibatkan pengelupasan lapisan filter tsb. Saran : Jangan gunakan filter berkualitas rendah !