haruskah-tds-nol


Haruskah TDS Nol ?

Wacana ini saya angkat bukan untuk mendiskreditkan perorangan atau perusahaan manapun yang banyak menjual air minum isi ulang ataupun pabrik air minum dengan TDS nol yang banyak bermunculan di berbagai kota di pulau Jawa,dll. Apakah ini sekedar mengikuti trend atau memang TDS harus nol ?.

TDS (Total Dissolved Solid) adalah jumlah total zat padat yang terlarut dalam air. Zat padat tsb adalah dari kandungan mineral seperti zat besi, klorida, dll. Untuk mengujinya dengan menggunakan TDS meter. Mari kita berfikir lebih global lagi, air yang dari perut bumi memang mengandung berbagai mineral yang berguna untuk kehidupan. Air bermineral ini pula sumber kehidupan bagi hewan,tumbuhan dan manusia jutaan abad yang lalu dan saya yakin TDS air alami dari zaman batu hingga kini tidak ada yang NOL, kalau yang mendekati NOL mungkin saja ada.

Memang zaman telah berubah,banyak pencemaran terutama di kota kota besar,mulai dari limbah rumah tangga hingga limbah industri. Untuk industri sebenarnya diwajibkan menggunakan instalasi pengolahan limbah cair atau WWTP (Waste Water Treatment Plant). Air yang tercemar dan mengandung logam berat memang menaikkan TDS air alami. Jika air alami TDS nya 200 an, jika tercemar akan melonjak menjadi sekitar angka 250an ke atas.

Tubuh manusia sangat membutuhan mineral (baca juga "air mineral versus air minum RO, mana lebih baik ?") namun dalam ambang batas tertentu terlalu tinggi mineralnya juga berbahaya.

Soal zat besi ?  Siapa bilang tubuh manusia tidak membutuhkan zat besi ?. Coba perhatikan iklan iklan televisi produk susu dan makanan bayi saling berlomba lomba bahwa produk mereka mengandung zat besi. Namun sekali lagi, mineral yang terlalu tinggi juga tidak baik bagi tubuh manusia.

Karena pertimbangan bahwa tubuh manusia juga perlu mineral, TDS yang aman adalah diatas nol dan dibawah 10

TDS air anda terlalu tinggi dan ingin diturunkan ?. Ada 2 Pilihan, Silahkan Pilih Produk kami untuk menurunkan TDS anda :
1. Filter Demin
2. Reverse Osmosis