mengapa-galon-berlumut


Mengapa Galon  Air Berlumut ?

Seorang bapak pemilik Depo air minum isi ulang datang dan bertanya mengapa galon air nya berlumut dan airnya berubah warna menjadi kebiruan, padahal sudah rajin membersihkan tabung filter, mengganti media filter dan juga rutin per 3 bulan mengganti filter cartridge.

Jumlah penyaringannya pun cukup banyak yakni 2 tabung filter isi pasir silika dan karbon aktif, dan 13 housing filter 10" yang berisi filter cartridge dan karbon blok.

Secara umum, penyebab galon air berlumut adalah :

1. Pembersihan dan penggantian media tabung filter terlambat / tidak sesuai jadwal.

Jadwal pembersihan tabung filter sangat tergantung kondisi air baku dan debit penjualan. Untuk air baku pegunungan yang jernih jadwal pembersihan umumnya 2 sampai 3 bulan sekali ( jika penjualan rata rata dibawah 50 galon/ hari).Penjualan di atas 50 galon jadwal pembersihan akan lebih sering. Untuk air baku air PAM yang umumnya keruh,jadwal pembersihan 1 bulan sekali ( jika penjualan rata rata dibawah 50 galon/hari). Penjualan di atas 50 galon / hari jadwal pembersihan akan lebih sering.

Prinsipnya: Semakin rendah kualitas air baku dan semakin tinggi jumlah penjualan,akan semakin sering jadwal pembersihan tabung.
Penggantian media filter: Pasir silika, manganese green sand, Pasir ziolit, dan Karbon aktif antara 6 s/d 12 bulan.
Penggantian filter cartridge antara 3 s/d 4 bulan.

Kualitas air baku yang rendah tidak sebanding dengan jumlah penyaringan.

Jika air bakunya dari pegunungan yang jernih dan PH normal (6,5 s/d 8,5),minimal penyaringan adalah menggunakan Pasir silika, karbon aktif dan 8 Filter cartridge (antara lain : Dewater, Karbon blok / Filter keramik). Untuk kondisi air PAM ataupun air bor/sungai/mata air sebaiknya jumlah penyaringan lebih banyak dari yang saya sebutkan di atas tadi.

3. Jika Point 1 dan 2 di atas sudah sesuai standard, penyebab galon berlumut lainnya adalah :

Air baku anda dalam galon terkena sinar matahari langsung ataupun pantulan. INGAT !: matahari adalah sumber kehidupan. Walaupun galon dalam keadaan ditutup dan bersegel DIJAMIN air dan galon anda akan berlumut. Jika kurang yakin, perhatikan air kemasan merk A*Q*A yang terkenal itu,walaupun menggunakan air pegunungan,peralatan terbaik dan pengawasan ketat, pada galonnya tertulis
"hindarkan dari sinar matahari langsung dan benda benda berbau tajam".