Air minum isi ulang  |  Reverse Osmosis  |  Filter Air
0 item
Testimonial
Irsyad

Saya mengenal CV.ZAMZ... detail


Ibu Subaedah

Saya mengenal CV.ZAMZAM... detail


Dede Irfan A

Saya sangat senang dan terimakasih kepada CV Zamzam, yang telah memberikan solusi atas permasalahan yang saya hadapi. Semoga CV. Zamzam makin maju, amiiin.

Dede Irfan - Tasikmalaya, Jawa Barat


bakri
[URL]

Ass. Wr. Wb. Buat para netter, jangan ragu dech utk berbisnis dengan CV. Zamzam. Produknya Lengkap, Harga kompetitif dan berkwalitas...

Bakri - Ternate, Maluku Utara


syarifuddin
[URL]

syukur alhamdulillah... saya beruntung membeli paket... detail


» isi testimonial
» lihat testimonial

Pengolahan Air Minum dan Air Bersih


Air adalah sangat penting bagi kehidupan manusia. Manusia akan lebih cepat meninggal karena kekurangan air daripada kekurangan makanan. Didalam tubuh manusia itu sendiri sebagian besar terdiri dari air.

Tubuh orang dewasa, sekitar 55-60 % berat badan terdiri dari air, untuk anak-anak sekitar 65 % dan untuk bayi sekitar 80 %.

Kebutuhan manusia akan air sangat kompleks antara lain untuk minum, masak, mandi, mencuci (bermacam-macam cucian) dan sebagainya. Menurut perhitungan WHO, di negara-negara maju tiap orang memerlukan air antara 60-120 liter per hari. Sedangkan di negara-negara berkembang termasuk Indonesia, tiap orang memerlukan air 30-60 liter per hari.

Diantara kegunaan-kegunaan air tersebut yang sangat penting adalah kebutuhan untuk minum. Oleh karena itu untuk keperluan minum (termasuk untuk masak) air harus mempunyai persyaratan khusus agar air tersebut tidak menimbulkan penyakit bagi manusia.

Agar air minum tidak menyebabkan penyakit maka air tersebut hendaknya diusahakan memenuhi persyaratan-persyaratan kesehatan, setidaknya diusahakan mendekati persyaratan tersebut. Air yang sehat harus mempunyai persyaratan sebagai berikut :

1. Syarat Fisik

Persyaratan fisik untuk air minum yang sehat adalah bening (tak berwarna), tidak berasa, suhu dibawah suhu udara diluarnya sehingga dalam kehidupan sehari-hari. Cara mengenal air yang memenuhi persyaratan fisik ini tidak sukar.

2. Syarat Bakteriologis

Air untuk keperluan minum yang sehat harus bebas dari segala bakteri, terutama bakteri patogen. Cara untuk mengetahui apakah air minum terkontaminasi oleh bakteri patogen adalah dengan memeriksa sampel (contoh) air tersebut. Dan bila dari pemeriksaan 100 cc air terdapat kurang dari 4 bakteri E. coli maka air tersebut sudah memenuhi syarat kesehatan.

3. Syarat Kimia

Air minum yang sehat harus mengandung zat-zat tertentu didalam jumlah yang tertentu pula. Kekurangan atau kelebihan salah satu zat kimia didalam air akan menyebabkan gangguan fisiologis pada manusia. Bahan-bahan atau zat kimia yang terdapat dalam air yang ideal antara lain sebagai berikut :

--------------------------------------------------------------------
   Jenis Bahan                Kadar yang Dibenarkan (mg/liter)
--------------------------------------------------------------------
Fluor (F)                                         1-1,5
Chlor (Cl)                                        250
Arsen (As)                                          0,05
Tembaga (Cu)                                    1,0
Besi (Fe)                                            0,3
Zat organik                                       10
Ph (keasaman)                              6,5-9,0
CO2                                                  0
--------------------------------------------------------------------

Sesuai dengan prinsip teknologi tepat guna di pedesaan maka air minum yang berasal dari mata air dan sumur dalam adalah dapat diterima sebagai air yang sehat dan memenuhi ketiga persyaratan tersebut diatas asalkan tidak tercemar oleh kotoran-kotoran terutama kotoran manusia dan binatang. Oleh karena itu mata air atau sumur yang ada di pedesaan harus mendapatkan pengawasan dan perlindungan agar tidak dicemari oleh penduduk yang menggunakan air tersebut.

Sumber-Sumber Air Minum

Pada prinsipnya semua air dapat diproses menjadi air minum. Sumber-sumber air ini, sebagai berikut :

1. Air Hujan

Air hujan dapat ditampung kemudian dijadikan air minum. Tetapi air hujan ini tidak mengandung kalsium. Oleh karena itu agar dapat dijadikan air minum yang sehat perlu ditambahkan kalsium didalamnya.

2. Air Sungai dan Danau

Menurut asalnya sebagian dari air sungai dan air danau ini juga dari air hujan yang mengalir melalui saluran-saluran ke dalam sungai atau danau ini. Kedua sumber air ini sering juga disebut air permukaan. Oleh karena air sungai dan danau ini sudah terkontaminasi atau tercemar oleh berbagai macam kotoran maka bila akan dijadikan air minum harus diolah terlebih dahulu.

3. Mata Air

Air yang keluar dari mata air ini berasal dari air tanah yang muncul secara alamiah. Oleh karena itu air dari mata air ini bila belum tercemar oleh kotoran sudah dapat dijadikan air minum langsung. Tetapi karena kita belum yakin apakah betul belum tercemar maka alangkah baiknya air tersebut direbus dahulu sebelum diminum.

4. Air Sumur Dangkal

Air ini keluar dari dalam tanah maka juga disebut air tanah. Air berasal dari lapisan air didalam tanah yang dangkal. Dalamnya lapisan air ini dari permukaan tanah dari tempat yang satu ke yang lain berbeda-beda. Biasanya berkisar antara 5 sampai dengan 15 meter dari permukaan tanah. Air sumur pompa dangkal ini belum begitu sehat karena kontaminasi kotoran dari permukaan tanah masih ada. Oleh karena itu perlu direbus dahulu sebelum diminum.

5. Air Sumur Dalam

Air ini berasal dari lapisan air kedua didalam tanah. Dalamnya dari permukaan tanah biasanya diatas 15 meter. Oleh karena itu sebagaian besar air sumur dalam ini sudah cukup sehat untuk dijadikan air minum yang langsung (tanpa melalui proses pengolahan).

Pengolahan Air Minum Secara Sederhana

Seperti telah disebutkan didalam uraian terdahulu bahwa air minum yang sehat harus memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu. Sumber-sumber air minum pada umumnya dan di daerah pedesaan khususnya tidak terlindung (protected) sehingga air tersebut tidak atau kurang memenuhi persyaratan kesehatan. Untuk itu perlu pengolahan terlebih dahulu.

Ada beberapa cara pengolahan air minum antara lain sebagai berikut :

1. Pengolahan Secara Alamiah

Pengolahan ini dilakukan dalam bentuk penyimpanan (storage) dari air yang diperoleh dari berbagai macam sumber, seperti air danau, air kali, air sumur dan sebagainya. Didalam penyimpanan ini air dibiarkan untuk beberapa jam di tempatnya. Kemudian akan terjadi koagulasi dari zat-zat yang terdapat didalam air dan akhirnya terbentuk endapan. Air akan menjadi jernih karena partikel-partikel yang ada dalam air akan ikut mengendap.

2. Pengolahan Air dengan Menyaring

Penyaringan air secara sederhana dapat dilakukan dengan kerikil, ijuk dan pasir. Lebih lanjut akan diuraikan kemudian. Penyaringan pasir dengan teknologi tinggi dilakukan oleh PAM (Perusahaan Air Minum) yang hasilnya dapat dikonsumsi umum.

3. Pengolahan Air dengan Menambahkan Zat Kimia

Zat kimia yang digunakan dapat berupa 2 macam yakni zat kimia yang berfungsi untuk koagulasi dan akhirnya mempercepat pengendapan (misalnya tawas). Zat kimia yang kedua adalah berfungsi untuk menyucihamakan (membunuh bibit penyakit yang ada didalam air, misalnya chlor).

4. Pengolahan Air dengan Mengalirkan Udara

Tujuan utamanya adalah untuk menghilangkan rasa serta bau yang tidak enak, menghilangkan gas-gas yang tak diperlukan, misalnya CO2 dan juga menaikkan derajat keasaman air.

5. Pengolahan Air dengan Memanaskan Sampai Mendidih

Tujuannya untuk membunuh kuman-kuman yang terdapat pada air. Pengolahan semacam ini lebih tepat hanya untuk konsumsi kecil misalnya untuk kebutuhan rumah tangga. Dilihat dari konsumennya, pengolahan air pada prinsipnya dapat digolongkan menjadi 2 yakni :

5.1 Pengolahan Air Minum untuk Umum

5.1.1 Penampungan Air Hujan

Air hujan dapat ditampung didalam suatu dam (danau buatan) yang dibangun berdasarkan partisipasi masyarakat setempat. Semua air hujan dialirkan ke danau tersebut melalui alur-alur air. Kemudian disekitar danau tersebut dibuat sumur pompa atau sumur gali untuk umum. Air hujan juga dapat ditampung dengan bak-bak ferosemen dan disekitarnya dibangun atap-atap untuk mengumpulkan air hujan. Di sekitar bak tersebut dibuat saluran-saluran keluar untuk pengambilan air untuk umum.

Air hujan baik yang berasal dari sumur (danau) dan bak penampungan tersebut secara bakteriologik belum terjamin untuk itu maka kewajiban keluarga-keluarga untuk memasaknya sendiri misalnya dengan merebus air tersebut.

5.1.2 Pengolahan Air Sungai

Air sungai dialirkan ke dalam suatu bak penampung I melalui saringan kasar yang dapat memisahkan benda-benda padat dalam partikel besar. Bak penampung I tadi diberi saringan yang terdiri dari ijuk, pasir, kerikil dan sebagainya. Kemudian air dialirkan ke bak penampung II. Disini dibubuhkan tawas dan chlor. Dari sini baru dialirkan ke penduduk atau diambil penduduk sendiri langsung ke tempat itu. Agar bebas dari bakteri bila air akan diminum masih memerlukan direbus terlebih dahulu.

5.1.3 Pengolahan Mata Air

Mata air yang secara alamiah timbul di desa-desa perlu dikelola dengan melindungi sumber mata air tersebut agar tidak tercemar oleh kotoran. Dari sini air tersebut dapat dialirkan ke rumah-rumah penduduk melalui pipa-pipa bambu atau penduduk dapat langsung mengambilnya sendiri ke sumber yang sudah terlindungi tersebut.

5.2 Pengolahan Air Untuk Rumah Tangga

5.2.1 Air Sumur

Air sumur pompa terutama air sumur pompa dalam sudah cukup memenuhi persyaratan kesehatan. Tetapi sumur pompa ini di daerah pedesaan masih mahal, disamping itu teknologi masih dianggap tinggi untuk masyarakat pedesaan. Yang lebih umum di daerah pedesaan adalah sumur gali.

Agar air sumur pompa gali ini tidak tercemar oleh kotoran di sekitarnya, perlu adanya syarat-syarat sebagai berikut :
- Harus ada bibir sumur agar bila musim huujan tiba, air tanah tidak akan masuk ke
   dalamnya.
- Pada bagian atas kurang lebih 3 m dari ppermukaan tanah harus ditembok, agar
   air dari atas tidak dapat mengotori air sumur.
- Perlu diberi lapisan kerikil di bagian bbawah sumur tersebut untuk mengurangi
   kekeruhan.

Sebagai pengganti kerikil, ke dalam sumur ini dapat dimasukkan suatu zat yang dapat membentuk endapan, misalnya aluminium sulfat (tawas).

Membersihkan air sumur yang keruh ini dapat dilakukan dengan menyaringnya dengan saringan yang dapat dibuat sendiri dari kaleng bekas.

5.2.2 Air Hujan

Kebutuhan rumah tangga akan air dapat pula dilakukan melalui penampungan air hujan. Tiap-tiap keluarga dapat melakukan penampungan air hujan dari atapnya masing-masing melalui aliran talang. Pada musim hujan hal ini tidak menjadi masalah tetapi pada musim kemarau mungkin menjadi masalah. Untuk mengatasi keluarga memerlukan tempat penampungan air hujan yang lebih besar agar mempunyai tandon (storage) untuk musim kemarau.

Update : 10 Juli 2006

Sumber : Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo. Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Cet. ke-2, Mei. Jakarta : Rineka Cipta. 2003.

Disadur dari : http://www.geocities.com/klinikikm/kesehatan-lingkungan/air-bersih.htm dengan judul asli : Penyediaan air minum

Kami ubah menjadi : Pengolahan Air Minum dan Air Bersih




Information
21 user sedang online
_______________________ :::: Chat With Marketing ::::
zamzam_balikpapan
News
21 September 2014
Manfaat air minum RO berdasarkan pengakuan pengguna
Perubahan apa yang mereka rasakan...? detail

5 September 2014
Cara membersihkan / back wash tabung filter air yang benar
Agar hasil pembersihannya maksimal... detail

2 Juli 2013
Katagori baru: Cartridge Extra Energy
Toko Online semakin lengkap..! detail

» index berita
Pembayaran
Bank BCA
No. Rek: 191-1455.477
A/N : CV.ZAMZAM

Bank Mandiri
No.Rek: 149-0004740801
A/N : Muhammad Yusuf

Bank BNI
No. Rek: 0101834454
A/N : Muhammad Yusuf

Bank BRI
No. Rekening: 0121-01-058960-50-9
A/N : Muhammad Yusuf

ATM Bersama
Panduan Cara Transfer
ATM Bersama

 
CV. ZAMZAM, Jl. Ahmad Yani RT 55 N0. 01 Balikpapan ( Kalimantan Timur )
Telp: (0542) 734909, 7006040, Fax : (0542) 734503, HP: 0813 5004 7073, 0819 3457 1619

Bekerjasama dengan Agen / Distributor / Supplier Water Filter dari 2 kota :
Jakarta : Jl. Ketapang utara I No. 52G, Jakarta Barat. Telp: 0819 0564 2070, 0812 9535 0055
Surabaya: Jl.Bebekan Masjid, Sepanjang, Sidoarjo (Jawa Timur) Telp: 031-72424324, 0812 3377 6464

Melayani: Penjualan dan pemasangan Reverse Osmosis, Water Filter dan Depot Air minum isi ulang.
Barang siap pasang / kirim ke seluruh Indonesia


Agen penjualan / pemasangan / pembuatan/ perakitan dan alat instalasi mesin depot air minum isi ulang, Depot air RO, mesin reverse osmosis (RO) dan perlengkapan penyaring air / penjernih air / saringan air / filter air untuk mengatasi air pam, sumur bor, air kolam, sungai yang keruh, kuning, merah, berbau, mengandung zat besi tinggi, berkapur / zat kapur menggunakan tabung wave cyber, pentair, stainless, pvc, yamaha water purifier. Kami juga menjual media filter untuk isi filter air berupa pasir silika, manganese green sand, karbon aktif, pasir ziolite, housing filter, filter cartridge / sedimen merk cp dan dewater, resin anion, resin kation, membran reverse osmosis (RO) merk filmtec dan csm 50 gpd, 75 gpd, 100 gpd, 1000 gpd dan 2000 gpd, RO merlin, booster pump, selang RO, TDS meter, selenoid valve, PH meter, elektrolisa, ultraviolet, ballast dan lampu uv: tanwing, sterilight, uvc, top win, ozon generator: sterilight, resun, kran three way valve, mesin sikat galon, pabrik air minum dalam kemasan (amdk) kemasan galon, gelas dan botol, tissue pembersih galon, tutup galon, segel plastik, galon air PC dan PET, dll berbagai peralatan / spare part reverse osmosis, water filter, water purifier dan water treatment, harga murah

@ 2014 www.airminumisiulang.com                 Email : info@airminumisiulang.com

Air minum isi ulang | Reverse Osmosis | Filter Air

Toko Online