•  (80%)

Reverse Osmosis



Reverse Osmosis (RO)
dan perlengkapan

Kami menjual mesin Reverse Osmosis (RO) dan perlengkapannya, kami membantu anda untuk langsung masuk katagori sbb:

Mesin RO kapasitas kecil - sedang
(Satuan produksi per 24 jam)

RO 50 GPD --> 8 galon
RO 200 GPD --> 32 galon
RO 500 GPD --> 90 galon (Good!)
RO 1000 GPD --> 100 galon

Mesin RO kapasitas menengah
(Satuan  produksi per 24 jam)

RO 2000 GPD --> 300 galon
RO 4000 GPD --> 500 galon
RO 6000 GPD --> 700 galon
RO 8000 GPD --> 900 galon

Mesin RO kapasitas besar
(Satuan produksi per 24 jam)

RO 10.000 GPD --> 1100 galon
RO 20.000 GPD --> 2200 galon
 RO 40.000 GPD --> 4400 galon
 RO 80.000 GPD --> 10.000 galon

Katagori Lain:
- Paket Depot Air Isi Ulang RO + Air Mineral
- Membran RO berbagai type

Tinjauan umum Reverse Osmosis

( Merk dan produksi manapun yang beredar di pasaran )


Reverse osmosis sudah biasa digunakan oleh negara negara maju untuk pengolahan air, baik air tawar, air laut, air sungai, dll. Dengan menggunakan membran dengan pori pori sebesar 0,0001 micron dan dorongan pompa booster bertekanan tinggi, menghasilkan air murni dengan kandungan mineral sedikit, bisa diukur dengan TDS meter. Teknologi reverse osmosis ini telah lama digunakan oleh negara negara maju untuk keperluan air bersih dan air minum.

Keunggulan Reverse Osmosis (RO)
- Mampu menurunkan TDS air secara signifikan, hingga 95% dari TDS awal.
- TDS hasil produksi relatif stabil dan tidak ada perubahan secara signifikan.
- Mudah dalam perawatan dan penggantian filter
- Air minum hasil produksi Reverse Osmosis terasa lebih ringan dan segar.

Namun demikian filter air reverse osmosis ini memiliki masalah tersendiri, yakni biaya operasional (cost) yang tinggi akibat air penyulingan yang terbuang cukup banyak dan biaya penggantian membran yang cukup mahal. Karena alasan itulah untuk Depo air minum isi ulang yang menggunakan reverse osmosis sebaiknya harga jualnya lebih tinggi daripada depo air minum isi ulang biasa.

Banyak yang bertanya, berapa ribu liter masa pemakaian membran reverse osmosis ?

Saya jawab, tergantung kualitas air baku. Jika anda menggunakan reverse osmosis dengan air baku dari pegunungan yang bersih dibandingkan air bor yang merah dan keruh tentu akan berbeda.Jika menggunakan air pegunungan bisa sampai 1 tahun untuk ganti membran, namun hanya 1 hari untuk air bor yang keruh dan merah. Kelemahan yang lain, pompa Booster reverse osmosis tidak akan hidup apabila tekanan air yang menuju Booster tidak maksimal. Hal ini kadang kadang yang tidak diketahui oleh orang awam.

Perbandingan pembuangan air reverse osmosis juga setiap hari mengalami perubahan. Saat kondisi baru, perbandingan pembuangan air limbah reverse osmosis adalah 1 : 4. Artinya untuk memproduksi air 1 galon maka dibutuhkan air 5 galon. 1 (satu) galon air siap minum dan 4 (empat) galon air pembuangan.

Namun semakin hari karena membran semakin buntu, perbandingan menjadi 1 : 5 bahkan 1 : 10 !. Artinya air produksi keluarnya hanya menetes, yang deras keluar malah air pembuangan.

Jika terjadi kerusakan pada mesin reverse osmosis, membran R.O sebaiknya jangan terlalu lama dikeluarkan dari housing membran karena jika sampai membran tsb kering maka hampir bisa dipastikan membran akan setengah buntu/ kapasitas menurun. Jika kualitas air rendah, sebaiknya gunakan pre filter (penyaringan awal) sebelum masuk unit reverse osmosis anda, ini untuk mencegah penggantian membran yang terlalu cepat.

Tahukah anda bahwa 80% filter air reverse osmosis yang beredar di Indonesia adalah rakitan ? bahkan filter reverse osmosis yang kami jual juga rakitan. Namun meskipun rakitan, air minum yang dihasilkan dari filter air reverse osmosis rakitan adalah sama dengan yang Built Up !. Alasannya karena reverse osmosis yang Built Up dan yang rakitan sama sama memiliki pori pori membran 0,0001 micron. Dari segi harga, filter air reverse osmosis Buit Up 2X hingga 3X lipat lebih mahal. Bedanya, yang built up lebih punya nama dan gengsi dibanding reverse osmosis rakitan, That`s It.

Karena perbedaan harga yang mencolok inilah beberapa perusahaan reverse osmosis buit up mengalami penurunan omset penjualan yang cukup drastis bahkan sampai ada yang gulung tikar karena kalah bersaing dengan filter air reverse osmosis rakitan.

Pompa booster R.O juga memiliki peranan yang penting untuk menghasilkan air minum dengan TDS rendah. Apabila tekanan booster R.O ini kurang maksimal maka TDS tidak akan maksimal. Perlu saya tekankan kembali bahwa pada saat beroperasi jika tekanan yang masuk ke booster kurang kuat maka booster R.O tidak akan hidup (Tanda tanda booster hidup: bergetar dan bersuara halus, untuk mesin RO yang menggunakan booster kecil)

Tahapan penyaringan akhir dari filter air reverse osmosis ini adalah post carbon yakni karbon aktif yang berbentuk bubuk yang berfungsi untuk menjernihkan, menyerap bau dan rasa. Air yang keluar dari hasil penyaringan reverse osmosis ini cenderung sedikit agak pahit, oleh karena itu diperlukan post karbon untuk menstabilkan rasa. Masa penggantian post karbon ini antara 6 sampai 12 bulan.

Filter air reverse osmosis 50 GPD memiliki tabung penyimpanan air yang dapat dipergunakan apabila booster dimatikan.

Filter air Reverse Osmosis juga banyak dipergunakan untuk Rumah sakit dan industri rumah tangga/ home industri untuk pembuatan kue dan berbagai jenis minuman ringan.

Untuk skala yang lebih besar dapat menggunakan reverse osmosis Industrial Plants yang mempunyai kapasitas diatas 10.000 GPD. Di luar negeri,Teknologi reverse osmosis kapasitas besar ini sudah lama dipergunakan untuk mengalirkan air minum langsung ke rumah rumah penduduk, tinggal buka kran, langsung minum.

Mengapa Keunggulan dan Kelemahan Reverse Osmosis ini kami beritahukan kepada anda ?

Dengan pertimbangan matang, semua informasi diatas kami beritahukan secara berimbang kepada masyarakat luas - khususnya yang masih awam - tentang keunggulan dan problematika yang dialami oleh teknologi yang bernama Reverse Osmosis ini, agar calon pengguna lebih siap dan memahaminya. Karena selama ini masyarakat hanya mendapat informasi tentang keunggulan produk air minum ber TDS rendah tanpa pernah mendapat informasi tentang problem mesin yang akan dialami. Dimanapun anda membelinya, keunggulan dan problematikanya adalah SAMA seperti yang saya tuliskan di atas.

Kapasitas TEORITIS  VS  Kapasitas FAKTA

Mesin Reverse Osmosis (RO) yang ada di pasaran baik kapasitas kecil maupun kapasitas besar (industrial) komponennya sebagian besar adalah produk import buatan USA, Korea, China maupun Taiwan. Untuk pompa booster contohnya merk CNP, Procon, dll. Dan merk membrannya contohnya Filmtec, CSM, Luso, Pentair, dll. Untuk kapasitas produksi semuanya menggunakan satuan yang sama, yakni GPD (Gallon Per Day, satuan US - Amerika).

- 1 Gallon (US) = 3,78541 Liter (dibulatkan menjadi 3,78 Liter)
- 1 Galon (Indonesia) = 19 Liter

Agar tidak menimbulkan kebingungan, disini yang kita bahas adalah Gallon satuan US dalam kaitannya dengan kapasitas produksi mesin RO, yang terjadi persoalan antara kapasitas TEORITIS dengan kapasitas FAKTA di lapangan yang sering menyebabkan:

Dari sisi penjual
Banyak sekali penjual mesin RO yang tidak mengerti mesin RO yang dijualnya sendiri, sehingga menginformasikan kapasitas produksi teoritis dan bukan kapasitas fakta kepada pembeli. Pada akhirnya penjual sendiri yang pusing akibat di komplain pembeli karena kapasitas produksi tidak sesuai dengan yang dijanjikan saat pembelian mesin RO tsb. Jika penjual terdesak maka biasanya akan mencari berbagai alasan ini itu...

Dari sisi pembeli
Tentu saja kecewa kepada penjual, karena umumnya pembeli sudah menghitung kebutuhan air minumnya sendiri sebelum mencari penjual mesin RO.

Oke, lanjut... coba perhatikan, benarkah?:
- Mesin RO type 1000 GPD kapasitasnya = 3.780 Liter/hari? Faktanya mesin RO 1000 GPD hanya mampu berproduksi 2000 liter-an saja.
- Mesin RO type 2000 GPD kapasitasnya = 7.560 Liter/hari? Faktanya mesin RO 2000 GPD hanya mampu berproduksi 4000 liter-an saja.
- Dst...dst...

Untuk lebih jelasnya, saya buatkan tabel panduan untuk penjual dan pembeli mesin RO, sbb:
(Ket: Mesin RO nya merk apapun dan belinya dimanapun...)

 Type Mesin Pressure

Kapasitas REAL!
per 24 jam

RO 50 GPD Normal 8 - 10 galon
RO 500 GPD Normal 50 - 60 galon
RO 1000 GPD Normal 100 - 120 galon
RO 2000 GPD Normal 200 - 300 galon
RO 4000 GPD Normal 400 - 500 galon
RO 6000 GPD Normal 600 - 700 galon
RO 8000 GPD Normal 800 - 900 galon
RO 10.000 GPD Normal 1000 - 1500 gln
KETERANGAN:
- 1 Galon = 19 Liter (satuan Indonesia)
- Tekanan Normal = Mesin RO tidak dipaksa kerjanya dengan cara memperkecil air pembuangan secara extreem hingga menyebabkan pompa booster menjadi sangat panas!




Link English version Reverse Osmosis (Wikipedia)
Link English version membrane Reverse Osmosis (Wikipedia)

NB : Jika ada tambahan produk, promosi dan discount harga murah mesin reverse osmosis kami, akan kami tampilkan di halaman utama.



Produk Terkait